Cara membuat meja dengan Blender
1.
pastinya aplikasi Blender tersebut
sudah terinstal di Laptop/PC sobat. Untuk cara Instal-nya klik Disini
2.
Sobat klik File - New, atau bisa
menekan tombol di keyboard, ctrl+n.
dan akan menampilkan seperti gambar :
Setelah
masuk pada aplikasi blender tersebut, pada gambar diatas adalah gambar
berbentuk kubus. Dimana kubus tersebut menjadi bahan dasar untuk membuat meja. Seleksi
pada object kubus tersebut (klik kanan
mouse) - Klik S pada keyboard,
lalu atur arah searah sumbu X/Y/Z (sambil menekan scroll pada mouse dan arahkan
sesuai sumbu).
Agar
kubus tersebut menjadi pipih dan panjang gunakan S+Z dan S+Y untuk
melebarkan object tersebut, hingga seperti papan. Sesuaikan dengan selera
sobat. Maka saya contohkan seperti gambar dibawah :
3.
Setelah itu kita mulai untuk
mengedit papan tersebut, untuk masuk ke “edit
mode” tekan “Tab”
pada keyboard hingga object tersebut berwarna kuning seperti gambar di bawah :
4.
lalu kita buat garis untuk
memudahkan membuat kaki-kaki meja yang akan dibuat. Awalnya kita buat garis
searah dengan sumbu Z dengan menekan
di keyboard ctrl+r lalu gunakan Scroll pada mouse untuk membentuk garis
berwarna ungu-nya, setelah selesai ketik enter pada keyboard.
Buat
lagi dengan searah sumbu Y dengan
perintah yang sama (ctrl+r) + scroll mouse. Maka akan seperti gambar dibawah :
5.
untuk membuat kaki meja-nya, kita
harus menyeleksi dulu bagian yang di pilih menggunakan “Face Select” (ctrl+tab – face Select) atau Lihat pada gambar
dibawah :
Lalu
sobat arahkan kebawah bagian object, (menahan tombol scroll pada mouse+arahkan
mouse kebawah object). Setelah itu seleksi setiap sudut object untuk membuat
kaki mejanya dengan menggunakan perintah tekan Shift + klik kanan mouse maka akan menampilkan gambar seperti ini :
6. Setelah
sudut bagian bawah terseleksi saat-nya untuk menarik bagian yang terseleksi
tersebut dengan menekan huruf “e”
sekali saja pada keyboard. Dan sesuaikan tingginya dengan keinginan sobat. Maka
gambarnya akan seperti ini :
Dan
kaki meja pun sudah jadi….
dan
kita kembalikan lagi pada “Object Mode”
dengan menekan tombol “Tab” pada
keyboard.
6.
Setelah itu kita beri wana pada
object dan background-nya agar terlihat cantik dan indah setelah direndering,
dengan cara klik “World” yang berada
di kanan layar (yang bergambar bola dunia). Lihat gambar dibawah untuk lebih
jelasnya :
Dan
jangan lupa kita atur pencahayaannya.
NB : Dan cara merubah sudut pandang kameranya dengan cara
tekan Numpad 0 – pada garis garis
putus klik kanan (maka akan berubah menjadi warna kuning) – dan tekan shift+f (pada keyboard)
7.
dan langkah selanjutnya adalah
kita render, yaitu kita jadikan object
tersebut terlihat seperti nyata / 3 Dimensi. Untuk merender klik Render – Render Image, atau jika ingin
cepat ketik F12 pada keyboard. Tunggu beberapa saat dan jenjreenng.. hasilnya
akan seperti gambar dibawah..
Setelah
itu kita save ctrl+s pada keyboard, ctrl+w untuk menimpa save-an
sebelumnya.
NB : tekan “Esc”
pada keyboard untuk keluar dari hasil setelah di render, “F12” untuk melihat lagi
hasil yang telah dirender.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar