Sabtu, 17 Oktober 2015

Teknologi dalam bisnis informasi

Tugas Pengantar Teknologi Bisnis


PENDAHULUAN
      
        Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar.
Perkembangan teknologi informasi begitu pesat di era globalisasi ini, teknologi dan informasi seakan tidak mempunyai batasan dalam perkembanganya, dan perkembangan ini berdampak langsung terhadap kehidupan sosial serta budaya tidak hanya diindonesia tapi mencakup berbagai belahan dunia.
Di zaman sekarang ini kita menggunukan ilmu teknologi bukan hanya di gunakan untuk kepuasan semata seperti bermain game, facebook, twitter dan lain-lain, namun di balik semua itu jika kita bisa berfikir lebih maju, kita dapat menggunkan teknologi informasi ini sebagai sarana untuk berbisnis, nah maka dari itu saya disini akan membahas sedikit tentang hubungan atau korelasi antara ilmu teknologi dalam berbisnis.


Pembahasan

          Pengertian Teknologi Informasi. Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirrim ke penerima sehingga lebih cepat, lebih luas, sebarannya dan lebih lama penyimpanannya.
         Bidang Teknologi Informasi memberi prospek pada bangsa Indonesia yang tengah dilanda krisis ekonomi. Industri lain saat ini ditandai dengan pemogokan buruh, pemungutan liar, dan gangguan fisik lainnya. Untuk itu bisnis Teknologi Informasi atau bisnis lain yang didukung oleh Teknologi Informasi perlu mendapat perhatian yang khusus karena sifatnya yang strategis bagi bangsa Indonesia.Dua aspek penting dalam pengembangan bisnis yang berhubungan dengan Teknologi Informasi adalah infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Selain kedua aspek tersebut, tentunya masih banyak aspek lain seperti finansial.

Korelasi Antara Ilmu Teknologi Informasi dengan Dunia Bisnis
  Manusia merupakan makhluk ciptaan tuhan yang tidak dapat berdiri sendiri, manusia membutuhkan bantuan dari makhluklainnya bahkan juga membutuhkan bantuan alat-alat yang mambantu egiatan mereka, sehingga tubuh tidak begitu mengalami kelelahan yang nantinya dapat membahayakan kesehatan mereka.
Namun setelah di temukannya ilmu teknologi, manusia dapat menghasilkan berbagai alat untuk membantu kehidupan mereka. Manusia menemukan dan menggunakan teknologi karena mereka menggunakan akalnya dan ingin keluar dari masalah agar hidup lebih baik.  Teknologi merupakan suatu inovasi yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan manusia dalam berbagai bidang salah satunya berbisnis.
Teknologi sangat menunjang kelancaran berbisnis di zaman sekarang ini, karena dengan kita menguasai ilmu teknologi dengan baik kita akan mudah melakukan bisnis melalui dunia maya seperti berbisnis online. Bisnis merupakan kegiatan mencari keuntungan dengan menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan produsen dan konsumen yang bersifat saling melengkapi dengan tetap melihat unsur survival , tanggung jawab sosial , berkembang dan tumbuh.
Dalam bisnis kita harus banyak membuat networking karena dengan networking kita bisa memperluas bisnis kita dan membuat bisnis kita menjadi maju. Oleh karena itu networking bisa dikategorikan sebagai modal. Untuk menciptakan networking yang luas pada zaman sekarang kita tentunya membutuhkan teknologi. Khususnya teknologi informasi.
 
 
Dampak positif dan negatif
 
                 Dampak Positif
 
-->  Memudahkan kegiatan bisnis berjalan dengan efisien.
--> Teknologi bisa membantu pertumbuhan ekonomi daerah tertinggal dengan           kemajuan bisnis yang di tunjang dengan teknologi canggih yang bisa menjangkau semua daerah. Sehingga terjadi globalisasi teknologi dan bisnis yang sempurna
--> Bisnis bisa dilakukan oleh semua kalangan karena hal kecil apapun dengan adanya teknologi bisa dijadikan peluang bisnis.
  --> Mengurangi kerugian dalam berbisnis. Misalnya dengan proses produksi yang dilakukan oleh mesin  atau robot kesalalahan akan bekurang karena sudah terprogram dengan baik. Serta mengurangi resiko kecelakaan kerja.
  --> Bisnis bisa membuat fisik kita tetap sehat dan tidak mengeluarkan banyak tenaga. Karena kita hanya perlu menggunakan otak kita dan sedikit tenaga untuk melakukan kegiatan bisnis.
--> Akses data lebih murah , mudah dan cepat. Dengan adanya teknologi wireless kita bisa mengakses informasi dimana saja termasuk untuk melakukan pembayaran ataupun melihat e-shop kita dimanapun kita berada.
 
Dampak Negatif

Bisnis tidak dijadikan lagi suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup tapi digunakan untuk mencari kepuasan.
  --> Terjadinya kesenjangan sosial dalam pebisnis. Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat cepat,mungkin tidak semua pebisnis mempunyai kemampuan mengembangkan usaha mereka dengan teknologi yang baru. Karena perubahan teknologi memerlukan penyesuaian dalam segala hal. Hal itu bisa menimbulkan berbagai kesenjangan di antara pebisnis. Yaitu dengan adanya pebisnis kecil dan pebisnis besar.
--> Masyarakat akan menjadi pebisnis yang individualis dan mungkin akan melupakan social responsibility karena pekerjaan sehari – hari mereka hanya berhubungan dengan teknologi dan hanya diam di suatu tempat tanpa adanya sosialisasi.
                   --> Para pebisnis akan menjadi kurang produktif dan tidak kreatif karena hanya        mengandalkan teknologi yang membuat proses bisnis mereka menjadi praktis dan para pebisnis akan menjadi pemalas.
 
Penutup

  Kesimpulan

Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Teknologi Informasi sebagai tulang punggung manajemen supply chain, konsep manajemen supply chain tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi informasi (TI). Konsep menajemen supply chain memperlihatkan adanya proses ketergantungan antara berbagai perusahaan yang terkait di dalam sebuah system bisnis. Semakin banyak perusahaan yang terlibat dalam rantai tersebut, akan semakin kompleks strategi pengelolaan yang perlu dibangun. Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transpormasional yang

menciptakan paradigma baru dalam berbisnis, berupa digital marketing atau nternet marketing (cyber marketing, electronic marketing). Istilah internetisasi mengacu pada proses sebuah perusahaan terlibat dalam aktivitas-aktivitas bisnis secara elektronik (e-commerce atau e-bisnis), khususnya dengan memanfaatkan internet sebagai media, pasar, maupun infrastruktur penunjang.
 
 
 
Daftar Pustaka
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar